lalu yesus dihadapkan kepada wali negeri.dan wali negeri bertanya kepada-nya.”engkaukah raja orang yahudi?”jawab yesus.”engkau sendiri mengatakannya.”
tetapi atas tuduhan yang diajukan imam-imam kepala dan tua-tua terhadap dia, ia tidak memberi jawab apapun. maka kata pilatus kepada-nya:”tidakkah engkau dengar betapa banyaknya tuduhan saksi-saksi ini terhadap engkau?”
tetapi ia tidak menjawab suatu katapun, sehingga wali negeri itu sangat heran.
telah menjadi kebiasaan bagi wali negeri untuk membebaskan satu orang hukuman pada tiap-iap hari raya itu atas pilihan orang banyak. dan pada waktu itu ada dalam penjara seorang yang terkenal kejahatannya yang bernama yesus barabas. karena mereka sudah berkumpul disana, pilatus berkata kepada mereka:”siapa yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu, yesus barabas atau yesus, yang disebut kristus?” ia memang mengetahui, bahwa mereka, bahwa mereka telah menyerahkan yesus karena dengki. ketika pilatus sedang duduk di kursi pengadilan, istrinya megirim pesan kepadanya:”jangan engkau mencampuri perkara orang benar itu sebab karena dia aku sangat menderita dalam mimpi tadi malam.
tetapi oleh hasutan imam-imam kepala dan tua-tua, orang banyak bertekad untuk meminta supaya barabas dibebaskan dan yesus dihukum mati.
wali negeri menjawab dan berkata kepada mereka;”siapa diantara keda orang itu yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu?” kata mereka:”barabas”. kata pilatus kepada mereka:”jika begitu, apakah yang harus kuperbuat dengan yesus, yang disebut kristus?”mereka semua berseru “ia harus disalibkan!”
katanya:”tetapi kejahatan apakah yang telah dilakukan-nya?”namun mereka makin keras berteriak:”ia harus disalibkan!” ketika pilatus melihat bahwa segala usaha akan sia-sia, malah sudah timbul kekacauan, ia mengambil air dan membasuh tangannya di hadapan orang banyak dan berkata:”aku tidak bersalah terhadap darah orang ini; itu urusan kamu sendiri!”dan seluruh rakyat itu menjawab:”biarlah darah-nya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kami!” lalu ia membebaskan barabas bagi mereka, tetapi yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan.