kemudian yesus dibawa menghadap imam besar. lalu semua imam kepala, tua-tua dan ahli taurat berkumpul disitu. dan petrus mengikuti dia dari jauh, sampai ke dalam halaman imam besar, dan disana ia duduk diantara pengawal-pengawal sambil berdiang dekat api.

imam-imam kepala, malah seluruh mahkamah agama mencari kesaksian palsu terhadap yesus supaya ia dapat dihukum mati, tetapi mereka tidak memperolehnya. banyak juga orang yang megucapkan kesaksian palsu terhadap dia, tetapi kesaksian-kesaksian itu tidak sesuai yang satu dengan yang lain. lalu beberapa orang naik saksi melawan dia dengan tuduhan palsu ini: kami sudah mendengar orang ini berkata aku akan merubuhkan bait suci buatan tangan manusia ini dan dalam tiga hari akan kudirikan yang lain, yang bukan buatan tangan manusia.” dalam hal inipun kesaksian mereka tidak sesuai yang satu dengan yang lain.

maka imam besar bangkit berdiri di tengah-tengah sidang dan bertanya kepada yesus, katanya:”tidakkah engkau memberi jawab atas tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap engkau?” tetapi ia tetap diam dan tidak menjawab apa-apa. imam besar itu bertanya kepadanya sekali lagi, katanya:”apakah engkau mesias, anak dari yang terpuji?” jawab yesus:”akulah dia, dan kamu akan mellihat anak manusia duduk disebelah kanan yang maha kuasa dan datang di tengah-tengah awan di langit. maka imam besar itu megoyakkan pakaiannnya dan berkata:” untuk apa kita perlu saksi lagi? kamu sudah mendengar hujatnya terhadap allah. bagaimana pendapat kamu?” lalu dengan suara bulat mereka memutuskan, bahwa dia harus dihukum mati. lalu mulailah beberapa orang meludahi dia dan menutupi mukanya dan meninjunya sambil berkata kepadanya:”hai nabi, cobalah terka!” malah para pengawalpun memukul dia.